IKLAN ADVERTORIAL
Iklan Advertorial: Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya Tujuan utama iklan
semacam ini adalah menambah wawasan audiens.
Iklan Advertorial: Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya
Ilustrasi iklan.
Apakah selama ini
Anda hanya mengandalkan iklan display untuk mempromosikan produk atau jasa?
Padahal untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, Anda juga dapat
mengkombinasikannya dengan iklan advertorial.
Advertorial alias advertising dan
editorial mengusung konsep promosi yang lebih halus dan tidak semata-mata secara
blak-blakan menyuruh orang untuk membeli.
Tujuan utama iklan semacam ini adalah
menambah wawasan audiens dengan informasi yang berguna, alih-alih langsung
menawarkan produk atau layanan.
Perbedaan Iklan Advertorial dan Iklan Display
Agar semakin jelas mengenai pengertian iklan advertorial, simak perbedaannya
dengan iklan display berikut:
Perbedaan Advetorial dan Display.
Meskipun
tujuannya adalah beriklan atau berpromosi, namun penulisan advertorial tidak
sama dengan iklan. Konten-konten advertorial menerapkan kaidah jurnalistik
sehingga audiens mendapatkan informasi baru dan harapannya dapat menindaklanjuti
promosi, yaitu dengan membeli atau berlangganan.
Coba bandingkan dengan bahasa
iklan yang lebih terang-terangan dalam menawarkan suatu produk atau jasa.
4
Jenis Iklan Advertorial
Konten advertorial terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:
- Advertorial produk Advertorial produk berisi promosi produk kepada masyarakat, seperti fashion item, kendaraan, perabotan rumah tangga, gawai, dan sebagainya. Informasi yang dapat Anda angkat pada konten advertorial ini misalnya tips merawat mobil untuk wanita dengan menyisipkan promosi merek city car.
- Advertorial jasa Iklan advertorial jasa tentunya merupakan penawaran suatu layanan kepada khalayak, seperti paket internet, jasa ekspedisi, arsitek, dan lain-lain. Jangan lupa tema yang akan ditampilkan pada konten harus relevan dengan layanan yang ingin Anda promosikan. Contohnya ulasan tentang referensi model rumah minimalis untuk advertorial jasa arsitek.
- Advertorial korporat Tujuan pembuatan advertorial yang satu ini adalah untuk menunjukkan image positif perusahaan di mata masyarakat demi membangun kesadaran merek. Materi konten advertorial korporat bisa berkaitan dengan company profile, atau kegiatan perusahaan misalnya pengabdian masyarakat. Baca Juga: Hadirkan Iklan Berkualitas, MGID Perkenalkan Creative Safety Ranking
- Advertorial pemerintah Publikasi advertorial pemerintah umumnya berisi aktivitas atau edukasi dari lembaga pemerintahan kepada masyarakat, misalnya kampanye pemakaian masker di masa pandemi.
Komentar
Posting Komentar